Pages

Thursday 10 October 2013

Tulisan 2 Psikologi Manajemen

TULISAN 2
Manajemen vs Kepemimpinan

Di sini saya ingin berbagi informasi mengenai manajemen dan kepemimpinan yang masyarakat seringkali  salah dalam memahami tugas, fungsi dan peranan serta tanggung jawab keduanya. Padahal keduanya memilik tugas yang berbeda. Dilihat dari definisinya, manajemen dapat diartikan sebagai suatu proses dimana pelaksanaan suatu tujuan tertentu dilaksanakan dan diawasi. Sedangkan kepemimpinan memiliki definisi suatu proses mempengaruhi, memberi petunjuk dan pengarahan kegiatan kelompok, menuju ke arah penentuan tujuan dan mencapai tujuan. Dari kedua definisi di atas sudah dapat dilihat bahwa keduanya berbeda.
Para manajer dapat disebut sebagai pemimpin dalam organisasinya, sebaliknya pemimpin tidak perlu menjadi manajer. Kepemimpinan lebih berhubungan dengan efektivitas sedangkan manajemen lebih berhubungan dengan efisiensi. Pemimpin yang mengepalai keseluruhan organisasi adalah manajer puncak antara lain yaitu, direktur utama, direktur, general manager. Sedangkan pemimpin yang mengepalai suatu unit dalam organisasi merupakan manajer madya atau pertama misalnya supervisor. Kepemimpinan sendiri memiliki 3 implikasi penting. Pertama, kepemimpinan melibatkan orang lain baik itu bawahan atau pengikut. Yang kedua, kepemimpinan merupakan pembagian kekuasaan yang tidak seimbang diantara pemimpin dan anggota kelompok. Dan yang ketiga, kepemimpinan di samping dapat mempengaruhi bawahan juga mempunyai pengaruh.
Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa manajemen merupakan proses dalam mencapai tujuan sedangkan kepemimpinan adalah pengarahan dan pemberian petunjuk untuk mencapai tujuan. Sehingga manajer dapat menjadi pemimpin dalam suatu proses kegiatan dalam mencapai tujuan akan tetapi pemimpinan tidak dapat menjadi manajer.

Referensi :
Munandar, Ashar Sunyoto. (2001). Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press)
Abdul Mukhyi, M dan Saputru, I. (1995). Pengantar Manajemen Umum. Jakarta: Gunadarma


No comments:

Post a Comment